Mengelola Uang Dengan Baik

Mengelola Uang Dengan Baik Banyaknya kebutuhan sehari-hari menyadarkan kita betapa pentingnya untuk mengelola uang yang kita miliki contohnya untuk tabungan, membayar kredit, makan sehari-hari, listrik, air dan lain-lain, apabila kamu salah dalam mengelolaan uang maka dampaknya akan fatal dalam kehidupan kamu.
Salah satu cara untuk mengatur keuangan adalah menyisihkan 20 persen dari total gaji bersihmu untuk ditabung, lalu utamakan sisa gajimu untuk membayar utang kredit dan kebutuhanmu sehari-hari (primer). Apabila kebutuhan primer kamu sudah tercukupi dan uangmu masih tersisa kamu bisa menabungkannya kembali, yang terpenting adalah kamu harus disiplin dan bisa membedakan antara keigninan dan kebutuhan untuk menghindari menghabiskan uang untuk hal yang sebenarnya tidak benar-benar kamu dibutuhkan.
Apabila kamu membutuhkan uang dan harus meminjam kamu harus memperhitungkan dna mengetahui kekuatan financial kamu jangan sampai kamu tidak bisa membayar tagihan pinjamanmu karena hal tersebut akan menambah jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan.
Yuk kita tengok 5 cara mengelola keuangan yang baik agar kondisi finansialmu terhindar dari kata defisit
1. Mencatat Pendapatan dan pengeluaran
Sering kali kita tidak peduli dengan pengeluaran kita tiba-tiba gaji sebulan habis tanpa kita sadari. Maka dari itu buatlah pembukuan simple yang berisikan pendapatan dan biaya-biaya primer atau biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulannya seperti biaya makan , transportasi, angsuran kredit, listrik, air dan lain-lain. Membuat pembukuan sangatlah penting agar kamu bisa melihat angka pasti yang harus kamu keluarkan setiap bulannya dan berapa sisa dari pendapatan kamu yang bisa kamu investasikan atau sisihkan untuk dana darurat. Dengan begitu kamu juga dapat memperhitungkan kemampuan financial kamu, dan terhindar dari kata defisit.

2. Rajin Mengecek Tagihan dan Segeralah Bayar Tagihanmu
Biasakanlah untuk mengecek tagihan kamu secara rutin, mulai dari struk belanja sampai tagihan kredit kamu. Saat mendapatkan gaji, hal penting yang harus kamu lakukan adalah membayar semua tagihan tersebut dan usahakan tepat waktu untuk menghindari denda yang justru akan menambah tagihan yang harus kamu bayarkan.

3. Rajin menabung
Belajarlah menyisihkan kurang lebih 20% dari gaji bersihmu untuk tabungan sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, hal ini sangat penting agar jumlah uang yang kamu tabungkan konsisten setiap bulannya dan dapat kamu perhitungkan. Tabungan ini akan menjadi cadangan dana masa tuamu dan dana daruratmu. Dengan menyisihkan tabungan sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari kamu bisa mengeliminasi biaya yang seharusnya tidak perlu kamu keluarkan, untuk mengurangi pengeluaran kamu.

4. Investasi
Setelah kamu sudah menyisihkan gajimu untuk tabungan dan sudah membayar semua tagihan yang kamu punya, dan gajimu masih tersisa kamu bisa melakukan investasi seperti membeli saham, reksa dana, mata uang asing, maupun emas. Perbedaan menabung dan investasi adalah jika kamu menabung uang tersebut dapat kamu ambil setiap saat. Dinvestasi hal yang kamu simpan bukanlah berbentuk uang tetapi dalam barang atau sertifikat yang tidak bisa kamu ambil kapanmu sesuai keinginan kamu.

5. Mempunyai Minimal 2 Rekening
Gunanya mempunya 2 atau lebih rekening adalah untuk membedakan rekening untuk menabung dan rekening untuk penerimaan gaji, keperluan sehari-hari, membayar tagihan dan lain-lain. Apabila kamu hanya memiliki 1 rekening kamu akan terdorong untuk menggunakannya karena kamu merasa masih banyak uang yang tersisa, yang membuatkan tidak bisa menabung.

Kembali

PT BPR Prima Kredit Mandiri
Jl. Curug Sangereng Ruko L`Agricola Blok B26-27
Gading Serpong - Tangerang 15810
Telp : 021 - 29443777 (HUNTING)
089638354007
Email : kpgadingserpong@bprpkm.co.id
QR Code
Terdaftar dan diawasi oleh :
bpr lps ojk